Rugi Jika Belum Mencicipi 6 Minuman Tradisional Unik Ini!

Rugi Jika Belum Mencicipi 6 Minuman Tradisional Unik Ini!
5 (100%) 1 vote

Mendengar tentang minuman tradisional Indonesia pasti Anda langsung membayangkan minuman segar dengan rasa manis yang khas. Tidak hanya itu, cita rasanya yang sesuai dengan lidah Indonesia akan menggugah selera. Kesegarannya ketika dinikmati pada suasana terik di siang hari semakin membuat minuman tradisional unik semakin digemari.

Nah, ingin tahu apa saja minuman tradisional unik yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuka usaha ataupun sekedar mencicipinya? Langsung saja, ini dia informasinya:

  1. Es Nona

Tidak hanya memiliki tampilan yang cantik, minuman tradisional unik yang satu ini juga memiliki rasa yang enak dan segar. Minuman yang berasal dari Pontianak ini seringkali dijadikan pencuci mulut.

Es Nona dibuat dari campuran pepaya (direndam dalam kapur sehingga memiliki tekstur yang renyah), kacang merah, pacar Cina, tape singkong, potongan roti tawar dan nangka. Bahan tersebut diberi es serut diatasnya beserta sirup dan susu kental manis. Cantik dan segar!

  1. Es Tambring

Orang Bali pasti tahu minuman tradisional unik yang satu ini. Es Tambring benar-benar unik karena dibuat dari air gula jawa, air kelapa, putih telur ayam kampung, serta gula pasir. Agak out of the box ya, sebab menggunakan putih telur ayam kampung. Namun, bukan rasa amis yang didapat, justru minuman ini terasa sangat menyegarkan. Tak percaya? Buktikan saja!

  1. Es Laksamana Mengamuk

Eitss, jangan takut dengan minuman tradisional unik ini. Tidak akan ada yang mengamuk kok saat Anda meminumnya. Es Laksamana Mengamuk memiliki rasa gurih yang berasal dari santan dan manis dari air gula. Dipadukan dengan manis-kecut dan bau harum dari mangga kweni akan membuat rasanya mengamuk dalam mulut Anda.

  1. Es Kacang Merah
Baca Lainnya Yuk !  Praktis Banget! Resep Kue Tanpa Oven Ini Harus Dicoba di Rumah

Jika biasanya kacang merah lebih sering dijadikan campuran dalam masakan, maka yang satu ini agak berbeda. Kacang merah bisa menjadi sajian minuman yang menyegarkan ketika dipadukan dengan susu kental manis ataupun sirup coco pandan. Rasanya akan sangat matching sehingga menjadi perpaduan yang manis, legit, dan empuk.

  1. Bajigur

Minuman tradisional unik yang berasal dari Jawa Barat ini lebih cocok disantap bersama ubi rebus, pisang rebus, ataupun kacang rebus. Bahan utamanya yaitu gula aren dan santan. Tapi tak jarang juga ditambahkan jahe, bubuk vanili, dan garam. Minum bajigur di cuaca dingin sehabis hujan pastinya membuat suasana semakin syahdu.

  1. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang berasal dari Betawi lho. Rasanya manis legit dan sangat mantap jika disajikan dingin-dingin. Bahannya terdiri dari sagu aren yang dibuat seperti agar-agar. Kemudian diberi warna hijau, merah, dan putih seperti selendang.

Adonan yang telah dipotong kemudian diberi kuah santan, sirup gula Jawa dan potongan es batu. Tampilan yang menarik dan rasanya yang manis menyegarkan dijamin membuat air liur menetes.

Minuman tradisional unik di atas sangat mengundang selera bukan? Rugi jika belum pernah menikmati kesegarannya. Anda juga bisa coba membuatnya sendiri lho!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *