Pemasangan Saluran Air oleh Tukang Ledeng untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Pemasangan Saluran Air oleh Tukang Ledeng untuk Kebutuhan Rumah Tangga
5 (100%) 1 vote

Pemasangan Saluran Air oleh Tukang Ledeng untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Air merupakan salah satu kebutuhan vital bagi semua orang. Selain air tanah, air ledeng yang berasal dari mata air dataran tinggi juga menjadi sumber air bersih masyarakat. Dari sumber mata air akan disalurkan ke masyarakat yang biasanya dipasang oleh tukang ledeng. Selain jasa cuci ac, masyarakat sering menggunakan air ledeng sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan minum. Memasang air ledeng juga menjadi pilihan bagi masyarakat yang tidak bisa membuat sumber air tanah seperti sumur. Melalui jasa tukang air ledeng, pemasangan dapat dilakukan dengan beberapa tahapan berikut.

  • Memasukan aliran air ledeng ke pipa rumah

Pemasangan air ledeng untuk kebutuhan rumah tangga diawali dengan mengalirkan air ke saluran atau pipa rumah. Umumnya pada air ledeng ada tempat penampungan di beberapa lokasi. Jika lokasi rumah berdekatan dengan bak penampungan, maka bisa langsung disalurkan dengan pipa rumah. Namun ada beberapa air ledeng yang langsung menggunakan pipa besar di jalur pengairan. Jadi tukang ledeng hanya perlu memasukan pipa rumah ke saluran pipa utama. Biasanya ada kunci pada setiap jarak tertentu untuk memudahkan penyaluran air ledeng. Tukang air dapat membuka kunci tersebut dan memasukan pipa yang akan menyalurkan air ke rumah.

  • Memasang saluran air di dalam rumah

Tugas lain yang bisa dipercayakan ke tukang air adalah pemasangan saluran di dalam rumah. Pipa atau alat untuk menyalurkan air ke beberapa ruangan di dalam rumah. Seperti menyalurkan air ke kamar mandi, ke toilet, ke wastafel atau tempat pencucian. Tukang ledeng dapat membantu memasangkan semua peralatan untuk mengalirkan air ke tempat-tempat tersebut. Jadi semua ruangan di dalam rumah yang membutuhkan air bisa dipasang saluran air. Tukang air ledeng ini juga bisa membantu Anda memasang tempat penampungan air sendiri. Jadi Anda memiliki cadangan air lebih banyak, apabila nanti ada masalah seperti air macet atau pemadaman.

  • Mengecek aliran air ledeng
Baca Lainnya Yuk !  Denah Rumah Tingkat Minimalis untuk Hunian Modern

Jika semua alat atau pipa sudah terpasang, maka tahapan selanjutnya adalah mengecek aliran air. Setelah pemasangan pipa mulai dari pipa utama ke pipa yang ada di dalam rumah selesai, tukang ledeng akan membuka kunci pada pipa utama untuk membuka alirannya. Kran yang ada di rumah dapat dibuka untuk mengecek aliran air. Apabila air mengalir deras dan sama di semua ruangan, maka pemasangan sudah sempurna dan selesai. Namun jika ada salah satu kran yang tidak mengeluarkan air atau hanya keluar air sedikit, tukang akan kembali mengecek salurannya.

  • Perawatan saluran air

Pada tukang-tukang air ledeng yang profesional tidak berhenti setelah pemasangan saja. Tukang air ledeng juga memiliki tugas untuk mengontrol dan merawat saluran air. Apabila ada masalah seperti air tersumbat dan pipa bocor, maka tukang air ledeng yang bertugas memperbaikinya. Masyarakat pun akan tetap mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari. Peranan tukang air ledeng ini memang dibutuhkan untuk memastikan suplai air terpenuhi bagi masyarakat yang membutuhkan. Tukang air ledeng mengontrol saluran air pada pipa utama yang biasanya menggunakan pipa berukuran besar. Selain itu saluran air ledeng di dalam rumah, juga bisa dikontrol oleh tukang air ledeng.

Itulah beberapa tugas tukang ledeng dan tahapan pemasangan air ledeng untuk kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan rumah tangga ini lah yang merupakan salah satu konsumen terbesar perusahaan air ledeng. Masyarakat yang kesulitan air bersih banyak terbantu dengan layanan air ledeng tersebut.  

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *