Lakukan Hal Ini Untuk Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Lakukan Hal Ini Untuk Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar
5 (100%) 2 votes

Bagi seseorang yang setiap hari bersinggungan dengan api akan sangat mudah mengalami luka bakar. Bukan hanya profesi seperti petugas listrik dan tukang las saja. Akan tetapi ibu rumah tangga juga bisa terkena luka bakar ketika memasak. Banyak juga yang mendapatkan luka bakar dari kejadian yang tidak disengaja seperti terkena ledakan tabung gas, korsleting listrik, juga terkena cipratan minyak panas saat memasak.

Luka bakar pada tubuh tentu saja menimbulkan rasa sakit bahkan tak jarang menyisakan bekas luka yang tak kunjung hilang. Hal tersebut dikarenakan masih banyak orang yang belum mengetahui cara menangani luka bakar yang benar. Sehingga cara yang dipakai seringkali menyebabkan rasa sakitnya semakin bertambah.

Lakukan Hal Ini Untuk Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

 

Untuk mengetahui cara yang sesuai untuk mengatasi luka bakar, simak terus informasi dalam artikel ini. Namun, sebelumnya Anda juga harus mengetahui jenis-jenisnya.

Jenis Luka Bakar

Luka bakar dibagi menjadi 3 tingkat, diantaranya:

  1. Derajat Satu (Luka Bakar Superficial)

Jenis luka bakar pada derajat satu hanya mengenai lapisan kulit paling atas atau disebut sebagai lapisan epidermis. Pada tingkat ini, penderita akan merasakan nyeri, kemerahan pada kulit, dan juga bengkak.

  1. Derajat Dua

Pada tingkatan ini, luka bakar mengenai lapisan paling atas pada kulit dan mengganggu lapisan di bawahnya. Rasa sakitnya diakibatkan munculnya gelembung pada kulit berisi cairan, warna kulit berubah menjadi kemerahan, bengkak, lembab, dan rusak.

  1. Derajat Tiga

Pada tingkatan yang terakhir dan paling berat, luka bakar dapat mengenai tulang hingga organ dalam. Tanda-tandanya yaitu kulit berubah menjadi kering, pucat, dan putih. Ada juga yang berubah menjadi hitam dan gosong. Meskipun begitu, luka bakar derajat tiga tidak menimbulkan rasa nyeri seperti pada luka bakar derajat satu dan dua.

Baca Lainnya Yuk !  Lukisan Pemandangan Membuat Ruangan Lebih Indah

Cara Menangani Luka Bakar

Dikarenakan terbatasnya pengetahuan, banyak orang yang justru membuat luka bakar semakin parah ketika berusaha untuk menanganinya. Nah, cara yang tepat untuk mengatasi luka bakar adalah:

  1. Mengalirkan air bersih ke daerah yang terluka. Jika terdapat bahan kimia pada luka maka Anda harus mengalirkan air selama kurang lebih 20 menit agar tidak menyebabkan infeksi.
  2. Melepaskan pakaian dan perhiasan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Jika pada luka bakar masih melekat pakaian maka gunting saja pakaian yang ada di sekitar. Jangan berusaha melepaskannya secara paksa.
  3. Menutup luka bakar dengan kasa steril. Jangan coba untuk memecahkan gelembungnya.
  4. Jangan gunakan bahan-bahan seperti pasta gigi, mentega, kopi, kecap, dan juga air es.
  5. Untuk penanganan lebih lanjut segera bawa ke fasilitas kesehatan.

Ketika terkena luka bakar, lakukan cara seperti pada pembahasan di atas sebagai pertolongan pertama. Setelah itu, akan lebih baik jika Anda langsung memeriksakannya ke dokter. Tetap berhati-hati ketika bersinggungan dengan api. Jauhkan benda-benda yang memiliki suhu tinggi dari jangkauan anak-anak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *