Jangan Salah Pilih Ini Tips Berikan Mainan Anak Untuk Usia 1 Tahun, Apa Saja?

Jangan Salah Pilih Ini Tips Berikan Mainan Anak Untuk Usia 1 Tahun, Apa Saja?
5 (100%) 1 vote

Jangan Salah Pilih Ini Tips Berikan Mainan Anak Untuk Usia 1 Tahun

Pada saat bayi, sebut saja ketika usia 0 sampai 1 tahun, anak membutuhkan stimulasi untuk menunjang perkembangan motorik halus dan kasar mereka. Memberikan mainan edukasi ternyata bisa membantu anak dalam membentuk stimulasi tersebut. Untuk bentuk mainannya pun beragam, ada yang berbentuk boneka, bola, alas main hingga mainan mandi.

Walaupun di pasaran banyak dijual jenis mainan, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih mainan yang berkualitas.

Apa saja tipsnya? Berikut yang harus diperhatikan persembahan dari website aku anak sgm.

  • Harus Memperhatikan Keamanan

Anak yang berusia 0-1 tahun umumnya masih suka, menggigit, menjilat dan memasukan benda apa saja ke mulutnya. Untuk itu, mainan yang berukuran kecil atau mudah terlepas akan berbahaya bagi anak Anda. Pastikan pula bahwa cat pada mainan terbebas dari zat kimia.

Selain itu, hindari memilih mainan dengan sudut tajam karena dapat beresiko untuk melukai anak Anda. Pilihlah mainan dengan bahan yang lembut dan ringan. Anda bisa memilih mainan dengan bahan plastik bebas bisphenol (BPA) yang lebih ringan dan terbukti aman untuk usia anak-anak.

  • Mudah Dicuci Agar Tetap Higienis

Biasanya, mainan anak akan tetap kotor. Oleh sebab itu, pastikan bahwa mainan tersebut bisa dicuci supaya tetap dalam keadaan higienis. Perhatikan pula catatan penting untuk mencuci atau membersihkan mainan tersebut agar tidak mudah rusak.

  • Pilih Mainan yang Ringkas dan Mudah Dibawa

Ketika bepergian, baik itu saat berbelanja maupun berlibur tentunya Anda ingin selalu membawa mainan tersebut supaya selama perjalanan Anak tidak rewel. Nah, saat bepergian tentu akan terasa repot jika mainannya berat atau besar. Untuk itu, pastikan bahwa anak Anda mempunyai mainan yang bentuknya ringkas dan juga ringan sehingga mudah dibawa kemana saja.

  • Pilihlah Mainan yang Menarik
Baca Lainnya Yuk !  HAL YANG SERING DIKHAWATIRKAN ORANG TUA DALAM MERAWAT BAYI

Sebagus atau semahal apapun mainan edukasi, apabila mainan tersebut tidak menarik perhatian maka anak Anda tidak akan memainkannya. Dan biasanya, mainan yang menarik perhatian adalah mainan yang berwarna cerah atau mainan yang mengeluarkan suara. Apabila Anda mempunyai referensi bentuk atau karakter, Anda bisa menyesuaikannya dengan pilihan mainan yang preferensi tersebut.

  • Pilihlah Mainan yang Mengasah Logika Berpikir dan Kreativitas

Anak akan menjadi cerdas apabila Anda melatihnya sejak dini. Untuk itu, Anda bisa memberikan mainan yang bisa mengasah kreativitasnya salah satunya yaitu puzzle. Anda bisa memilih jenis puzzle yang bisa disesuaikan dengan usia anak Anda. Dengan Anda memberikan mainan puzzle maka akan melatihnya untuk memecahkan teka-teki dan secara otomatis logika berpikirnya akan terbentuk.

Apakah Anda sudah memilih mainan edukasi yang tepat untuk Anak Anda. Jangan lupa untuk memastikan dan memeriksa fungsi penunjang dari mainan tersebut sebelum Anda memberikannya pada anak Anda. Jangan lupa untuk selalu mendampingi buah hati Anda selagi bermain.

Selamat bermain dengan buah hati Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *