Bagaimana Cara Polisi Amankan Bom?

Bagaimana Cara Polisi Amankan Bom?
5 (100%) 1 vote

Bagaimana Cara Polisi Amankan Bom

Seperti yang kita tahu bahwa berita akhir-akhir ini di Indonesia sedang kurang mengenakkan. Bahkan berita ini pun juga menjadi berita utama di beberapa negara. Pada hari Minggu tanggal 13 Mei 2018, terjadi ledakan bom di Surabaya yaitu di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela yang terletak di Nangel. Tak lama kemudian ada ledakan kedua di Gereja Kristen Indonesia Diponegoro. Masih di hari yang sama ada juga ledakan ketiga yang ada di Gereja Pantekosta.

Tentu saja berita tersebut merupakan berita yang membuat sedih sekaligus geram kepada pelakunya. Bahkan orang yang tidak mengenal korban pun menjadi turut prihatin dan marah atas kejadian ini. Banyak yang menjadi takut untuk keluar rumah. Memang di saat seperti ini kita semua harus tetap waspada dan selalu tenang dalam setiap hal yang kita lakukan. Apalagi saat Anda berada di lokasi kejadian ataupun sedang berada di tempat yang ramai kemudian tiba-tiba ada ancaman bom.

Tips Menghadapi Ancaman Bom

Mengutip dari apa yang dilakukan polisi pada saat mereka mengamankan bom, ada beberapa tis yang harus Anda lakukan saat menghadapi adanya ancaman bom di sekitar Anda.  berbagai sumber, berikut hal-hal yang harus dilakukan ketika menghadapi ancaman bom.

  1. Sebaiknya jauhi jendela atau sesuatu yang terbuat dari kaca. Karena pada saat bom meledak, maka Anda akan berisiko terluka akibat pecahan kaca.
  2. Jangan nyalakan api pula karena ledakan bom bisa saja semakin besar karena terpicu oleh api.
  3. Saat Anda tahu ada bom di sekitar Anda, maka langsung segera tinggalkan lokasi. Namun jika memang Anda susah untuk meninggalkan lokasi seperti misalnya ada di gedung bertingkat, maka segera mencari meja atau perabotan lain yang stabil dan kuat untuk berlindung. Anda juga bisa langsung lari menuju tangga darurat.
  4. Jangan pernah sekali-kali meninggalkan tempat menggunakan lift, gunakan tangga saja.
  5. Sebisa mungkin segera menjauh dari lokasi sambil memberikan tanda bahaya pada orang lain dan segera pergi menuju lokasi yang aman.
  6. Saat ada asap, Anda harus menunduk.
  7. Jangan menghidupkan lampu atau listrik karena bisa terjadi konslet.
  8. Buka jendela dan pintu lebar-lebar.
  9. Meskipun Anda panik atau takut, sebisa mungkin tetap memperhatikan sekitar Anda karena bisa jadi ada kebakaran ataupun hal lain yang berbahaya.
  10. Selalu terima telepon pribadi.
  11. Tutup mulut dan hidung Anda gagar asap atau bahan yang berbahaya tidak terhirup.
  12. Jika Anda terjebak di dalam puing-puing bangunan, jika ada maka gunakan peluit atau senter. Anda juga bisa mengetuk apapun yang ada di sekitar Anda agar terdapat bunyi sehingga orang tahu keberadaan Anda.
  13. Tetap tenang dan berdoa.
Baca Lainnya Yuk !  Cara Tepat Merawat Leather Goods Agar Awet dan Tetap Seperti Baru

Itu dia 13 hal yang bisa Anda lakukan saat ada bom.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *